Tips Membuat ID Card Untuk Sebuah Perusahaan

sablon tali id card

Biasanya seorang karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan akan mendapatkan ID Card sebagai kartu identitas. Namun bukan hanya sebagai identitas karyawan saja, tetapi juga sebagai pendukung formalitas dan nilai dari sebuah perusahaan itu sendiri. ID Card sendiri hal yang penting untuk dimiliki, tidak memandang ukuran perusahaan tersebut besar atau kecil. Dengan adanya ID card maka akan memberikan beberapa keuntungan. Diantaranya seperti keamanan untuk sebuah perusahaan. Jadinya perusahaan tahu siapa saja yang memasuki dan keluar gedung. Selain itu, ID card juga memberikan kepercayaan diri kepada karyawan karena telah bekerja di perusahaan tersebut. Juga ID card banyak dipakai sebagai branding oleh perusahaan.

Baca juga : konveksi kaos palembang

3 Jenis ID Card yang Harus Diketahui

Nyatanya ID card bukan hanya kartu pengenal biasa, namun ID card ini biasanya di pasang chip untuk menyimpan data digital. Nah berikut ini terdapat beberapa ID card yang umum digunakan.

  1. ID Card Biasa

Sesuai dengan namanya, ID card ini banyak ditemukan di pasaran dan memiliki harga murah daripada ID card lainnya. Untuk ID card ini tidak bisa menyimpan informasi digital di kartu.

  1. ID Card Magnetik

Untuk ID card ini memiliki bentuk atau tanda panel hitam pada belakang kartu yang dipakai menyimpan data sebagai rahasia pemegang kartu. ID card ini memiliki dua jenis, yakni magnetic HICO dan LOCO. Yang membedakannya pada Magnetic Loco hanya bisa menyimpan data hanya 1 track. Sedangkan untuk Magnetic Hico bisa menyimpan 2 – 3 track. Cara pemakaiannya pun cukup dengan menggesek atau memasukkan kartu magnetic pada reader untuk melancarkan proses transaksi dan lainnya.

  1. ID Card Proximity

Dari segi fisik, kartu ini memang mirip dengan kartu biasa. Namun apabila diteliti lebih jauh maka akan menemukan perbedaannya. Pada ID card proximity terdapat chip atau program yang tersemat dalam kartu. Apabila ada lekukan atau condong, maka ID card tersebut adalah ID card proximity. Namun jika tidak, maka bisa dipastikan kartu tersebut adalah ID Card biasa. Biasanya ID card proximity dipakai untuk door akses, parkir, absensi, akses masuk dan lainnya.

Tips Mudah Membuat ID Card Perusahaan

Jika Anda seorang HRD yang ditugaskan untuk membuat ID card. Tentunya ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan dengan baik terlebih dahulu bukan? Ini dimaksudkan supaya ID card yang dipesan nantinya bisa sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Nah berikut ini terdapat berapa cara yang bisa digunakan untuk membuat ID card perusahaan sesuai kebutuhan.

Mengumpulkan Data Identitas

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengumpulkan data identitas karyawan. Dimulai dari nama lengkap, jabatan, dan foto. Untuk data pelengkap bisa dari HRD sendiri nantinya. Pastikan dengan baik bahwa semua data sudah dikumpulkan sebelum melakukan pemesanan ID Card.

Menentukan Desain ID Card

Langkah selanjutnya adalah pembuatan desain ID Card. Anda bisa meminta bantuan designer perusahaan untuk membuatkan desain ID card ini agar bisa sesuai dengan kebutuhan. Gunakan desain menarik, font yang mudah dibaca dan jangan gunakan warna-warna mencolok. Akan lebih baik jika menggunakan desain yang simple. Dengan desain simple ini akan membuat designer tidak terlalu kesulitan untuk membuatnya. Juga pihak tempat percetakan ID card tidak sulit dalam mencetak nantinya.

Menentukan Material ID Card

Dalam pembuatan ID Card ini sebenarnya bisa memanfaatkan berbagai jenis bahan. Namun tetap pastikan untuk memilih jenis material yang nyaman, kualitas dan harganya sesuai. Berikut ini beberapa material yang sering digunakan untuk membuat ID Card.

  1. PVC

Jenis material ini dibuat dari campuran plastik dan kertas. Dari segi teksturnya sendiri licin dan keras. Biasanya jenis material ini bisa di laminating menggunakan glossy (mengkilap) atau doff.

  1. Art Paper

Bahan ini dibuat dari kertas gramatur antara 300 – 500 gram. Yang mana bahan art paper ini dipakai untuk membuat ID card sekali pakai. Contohnya untuk ID card konser atau acara tahunan.

Tentukan Laminasi ID Card

Jika sudah menentukan material ID card mana yang akan digunakan. Maka selanjutnya adalah menentukan laminasi untuk ID card. Untuk laminasi ID card sendiri ada dua jenis, yakni Glossy dan Doff.

  1. Glossy

Menggunakan laminating glossy membuat ID card menjadi terlihat mengkilap dan bisa memantulkan cahaya. Dengan begitu akan membuat kesan merah dan modern pada ID Card.

  1. Doff

Untuk laminating ini membuat ID card tidak terlihat mengkilap dan tidak memantulkan cahaya. Tetapi dengan laminating doff malah akan membuat ID card menjadi terlihat klasik dan elegan. Umumnya laminating ini dipakai untuk kartu member atau kartu pelajar.

Pilih Aksesoris ID Card

Selanjutnya Anda juga harus mempertimbangkan pemilihan aksesoris untuk ID card ini. Tanpa aksesoris ini maka ID card tidak bisa digunakan. Yang mana ID card hanya bisa diletakkan dalam dompet saja. Berikut beberapa aksesoris yang digunakan untuk menunjang pemakaian ID card.

  1. Holder

Adalah tempat yang dipakai untuk menyimpan kartu supaya terlindung dari debu, air atau goresan. Holder ini bisa dibuat dari plastik, karet dan kulit.

  1. Tali Lanyard

Digunakan untuk menggantungkan holder ke leher pemakai ID card. Yang mana dibuat dari bahan nilon dan ditambahkan logo pada bagian tali dengan sablon. Meskipun ada banyak jenisnya, tali ID card sebenarnya mempunyai fungsi yang sama. Diantaranya ada tali ID card polyester doff, tali ID card printing tissue, tali ID card printing reflektif, tali ID card printing tube atau sarung, tali polyester kilap, dan gantungan yoyo.

Pertimbangkan Jumlah Pesanan ID Card

Pun Anda juga harus mempertimbangkan dengan baik jumlah ID card yang dipesan. Semakin banyak jumlah ID card yang dipesan, biasanya pihak tempat percetakan akan memberikan penawaran harga khusus. Akan tetapi bukan berarti Anda harus memesan dalam jumlah banyak. Akan lebih baik jika Anda bisa memesan ID card dengan jumlah pasti sesuai dengan kebutuhan karyawan. Misalnya ada 30 karyawan yang membutuhkan ID card. Maka pesan ID card dalam jumlah yang sama.

Mempertimbangkan Anggaran yang Dikeluarkan

Dari segi pengeluaran anggaran untuk membuat ID card juga sangat penting untuk dipertimbangkan. Jangan sampai anggaran yang dikeluarkan ini nantinya memengaruhi anggaran lain. Oleh sebab itulah sangat penting bagi Anda untuk membuat pertimbangan anggaran. Anggaran yang dikeluarkan harus bisa menutupi untuk pembuatan ID card nantinya.

Pemilihan Tempat Percetakan ID Card

Hal lain yang harus dipertimbangkan dengan baik ketika melakukan pemesanan adalah dari segi pemilihan tempat percetakan ID card. Anda harus bisa memilih tempat percetakan ID card yang benar-benar berpengalaman dan terpercaya. Jika Anda memiliki tempat cetak ID card yang menjadi langganan, maka bisa bekerja sama dengan jasa tersebut. Dengan begitu Anda tidak harus kebingungan dalam pemilihan tempat pembuatan ID card.